Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur Menyebut Lima kabupaten Jadi Percontohan PMT Berbasis Pangan Loka

- Selasa, 22 November 2022 | 09:48 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur Menyebut Lima kabupaten Jadi Percontohan PMT Berbasis Pangan Lokal (Foto: pixabay.com)
Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur Menyebut Lima kabupaten Jadi Percontohan PMT Berbasis Pangan Lokal (Foto: pixabay.com)

 

Kobaran.com Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebut lima kabupaten di provinsi itu menjadi percontohan Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbasis pangan lokal untuk mencegah kekerdilan (stunting) pada anak.

"Kelima kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kupang, Lembata, Manggarai Timur, Sumba Tengah, dan Kabupaten Manggarai Barat," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi NTT Iwan M Pelokilla saat dikonfirmasi di Kupang, Selasa.

Ia menjelaskan PMT berbasis pangan lokal kepada ibu hamil dan balita untuk menggantikan PMT berbasis pabrikan berupa biskuit yang selama ini diberikan.

Baca Juga: Wow! Ini 5 Makanan Khas NTT(Nusa Tenggara Timur) Unik dan Lezat, Simak Ulasannya!

Iwan menjelaskan salah satu pangan lokal yang diandalkan untuk PMT di lima kabupaten tersebut, yaitu kelor yang telah diolah dalam bentuk serbuk.

"Serbuk kelor ini kemudian dicampurkan dalam menu makanan untuk ibu hamil dan anak balita," katanya.

Iwan menjelaskan kelor menjadi bagian dari pilihan utama PMT karena banyak diproduksi di NTT serta memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan ibu hamil dan balita.

Baca Juga: 3 Shio Dicintai Dewi Fortuna, Dibanjiri Cuan Paling Banyak di Akhir Pekan 26 November 2022.

Halaman:

Editor: Karolina Viviati Asun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wajib Tahu ! Ini Beberapa Manfaat Daun Kemangi

Senin, 28 November 2022 | 08:45 WIB

Kenali Cara Olahraga yang Aman Untuk Ibu Hamil

Sabtu, 26 November 2022 | 10:18 WIB

Wajib Tahu ! Ini 5 Buah yang Baik untuk Hipertensi

Sabtu, 26 November 2022 | 09:12 WIB
X