6 Penyebab Telapak Tangan Panas Terus-Menerus dan Penanganannya

- Kamis, 12 Januari 2023 | 09:32 WIB
Ilustrasi telapak tangan panas terus menerus (Freepik.com/freepik)
Ilustrasi telapak tangan panas terus menerus (Freepik.com/freepik)

Kobaran.com- Telapak tangan panas normal dialami ketika melakukan aktivitas yang intens menggunakan tangan, seperti angkat beban, mengetik, atau menulis. Namun, Anda patut waspada jika telapak tangan panas secara terus-menerus, karena bisa menjadi tanda dari penyakit tertentu.

Telapak tangan panas yang terjadi sesekali setelah melakukan aktivitas tertentu biasanya tidak berbahaya. Kondisi ini juga kerap dialami ketika memotong atau mengolah cabai atau makan makanan pedas dengan tangan langsung. Telapak tangan yang terasa panas ini biasanya akan mereda dengan sendirinya.


Namun, jika Anda mengalami telapak tangan panas hampir sepanjang waktu tanpa pemicu yang jelas, kondisi ini bisa jadi gejala suatu penyakit yang membutuhkan penanganan dari dokter.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Tanda Kamu Butuh Yang Cuti Kerja Secepatnya


Berbagai Penyebab Telapak Tangan Panas


Berikut ini adalah berbagai penyebab telapak tangan panas yang patut diwaspadai:

1. Carpal tunnel syndrome

Sindrom lorong karpal atau carpal tunnel syndrome (CTS) terjadi ketika ada tekanan pada saraf di pergelangan tangan. Kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami panas di telapak tangan atau bahkan sensasi terbakar.

Selain itu, CTS juga membuat kesemutan di telapak tangan, tangan terasa lemah untuk digerakkan, dan nyeri pergelangan tangan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat gerakan berulang yang dilakukan terus-menerus, seperti mencuci, mengulek, atau mengetik.

Baca Juga: Bumil, Seperti Ini Yang Rasanya Kontraksi Menjelang Persalinan

CTS juga bisa muncul sebagai dampak dari cedera pada pergelangan tangan, diabetes yang tidak diobati, atau radang sendi. Beberapa penanganan CTS yang umum dilakukan oleh dokter meliputi:

Penggunaan penyangga di pergelangan tangan
Pemberian obat antinyeri dan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID)
Pemberian suntikan kortikosteroid, bila obat minum saja tidak meredakan gejala
Selain itu, penderita CTS juga perlu mengistirahatkan tangannya selama proses pemulihan guna mengurangi gejala yang muncul dan kekambuhannya.

2. Dermatitis kontak

Telapak tangan panas bisa menjadi tanda dermatitis kontak. Kondisi ini juga disertai dengan ruam, gatal, atau lepuhan yang disebabkan oleh kontak langsung dengan zat pemicu iritasi atau alergi, seperti kosmetik, parfum, perhiasan, atau tumbuhan.

Halaman:

Editor: Maria Sulastria Ririn Mawarni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Ini 5 Tips Lebaran Sehat bagi Ibu Hamil

Jumat, 24 Maret 2023 | 13:54 WIB

Ketahui 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Meriang

Minggu, 19 Maret 2023 | 18:03 WIB

Inilah Beragam Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan

Jumat, 17 Maret 2023 | 13:42 WIB

Berikut Inilah 5 Manfaat Kecap untuk Kesehatan

Kamis, 16 Maret 2023 | 11:35 WIB
X